PERENCANAAN PEMASARAN
Tugas perencanaan pemasaran
meliputi tiga hal, yaitu :
1.
Menetapkan kelompok pembeli yang ingin dijangkau *pembeli sasaran
2.
Menyusun perkiraan jumlah penjualan produk di masa mendatang
3.
Menyusun kombinasi kebijakan pemasaran untuk memberikan kepuasan kepada pembeli
sasaran sehingga produk dapat terjual, perusahaan memperoleh laba dan dapat
mencapai tujuan-tujuan lain
PENGELOMPOKKAN
PEMBELI POTENSIAL
Berdasarkan
wilayah (kota/desa)
1.
Berdasarkan pendapatan (rendah, sedang, tinggi)
2.
Usia (anak-anak, remaja, dewasa)
Berdasarkan
perkiraan jumlah penjualan ;
**
faktor yang mempengaruhi perkembangan penjualan di luar perusahaan :
Situasi
persaingan; Perkembangan kondisi pembeli sasaran; Kebijakan pemerintah;
Perkembangan ekonomi dunia
**
Faktor yang mempengaruhi perkembangan penjualan di dalam perusahaan :
Kapasitas
produksi; Kualitas barang / jasa dan kesan pembeli terhadap barang/ jasa;
Kebijakan harga jual yang digariskan perusahaan; Kemampuan perusahaan
menyediakan dana modal kerja yang diperlukan.
Berdasarkan
factor tersebut, perkiraan jumlah penjualn disusun untuk jangka waktu pendek
maupun panjang.
KOMBINASI KEBIJAKAN PEMASARAN
Secara
garis besar, terdapat 4 golongan kebijakan : PRODUCT, PRICE, PLACE, PROMOTION
1.
Produk : menyajikan barang/jasa yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan
pembeli
2.
Harga : menetapkan harga jual barang/jasa sesuai dengan kesediaan pembeli untuk
membayarnya.
3.
Distribusi : mengusahakan agar barang/jasa dapat tersedia di setiap tempat yang
terdekat dengan pembeli, kapan saja mereka membutuhkannya.
4.
Promosi : memberitahu pembeli atas tersedianya barang/jasa bersangkutan di
pasar, serta meyakinkan mereka bahwa barang/jasa tersebut dapat memberikan
kepuasan yang mereka inginkan.
PELAKSANAAN PEMASARAN
Pelaksanaan
pemasaran khususnya promosi seringkali diserahkan kepada biro-biro iklan,
alasannya adalah efisiensi dan keahlian
Tugas
pengusaha dalam hal ini yaitu : mengkoordinasikan kegiatan periklanan dengan
kegiatan promosi yang lain.
Tanggung
jawab utma kegiatan operasi penjualan adalah menjamin terjualnya produk sesuai dengan rencana, biasanya tanggung jawab itu olehkepala bagian
(manajer) penjualan.
Untuk
itu maka tugas manajer penjualan :
1.
Menerima (menyeleksi) wiraniaga
2.
Mengatur balas jasa mereka secara adil dan layak
3.
Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan jual wiraniaga
4.
Memberikan bimbingan dan perangsang kerja
Tidak ada komentar:
Posting Komentar