Jumat, 07 Maret 2014

PERENCANAAN HINGGA PELAKSANAAN PEMASARAN

PERENCANAAN PEMASARAN
Tugas perencanaan pemasaran meliputi tiga hal, yaitu :
1. Menetapkan kelompok pembeli yang ingin dijangkau *pembeli sasaran
2. Menyusun perkiraan jumlah penjualan produk di masa mendatang
3. Menyusun kombinasi kebijakan pemasaran untuk memberikan kepuasan kepada pembeli sasaran sehingga produk dapat terjual, perusahaan memperoleh laba dan dapat mencapai tujuan-tujuan lain

PENGELOMPOKKAN PEMBELI POTENSIAL
Berdasarkan wilayah (kota/desa)
1. Berdasarkan pendapatan (rendah, sedang, tinggi)
2. Usia (anak-anak, remaja, dewasa)
Berdasarkan perkiraan jumlah penjualan ;
** faktor yang mempengaruhi perkembangan penjualan di luar perusahaan :
Situasi persaingan; Perkembangan kondisi pembeli sasaran; Kebijakan pemerintah; Perkembangan ekonomi dunia
** Faktor yang mempengaruhi perkembangan penjualan di dalam perusahaan :
Kapasitas produksi; Kualitas barang / jasa dan kesan pembeli terhadap barang/ jasa; Kebijakan harga jual yang digariskan perusahaan; Kemampuan perusahaan menyediakan dana modal kerja yang diperlukan.
Berdasarkan factor tersebut, perkiraan jumlah penjualn disusun untuk jangka waktu pendek maupun panjang.

KOMBINASI KEBIJAKAN PEMASARAN
Secara garis besar, terdapat 4 golongan kebijakan : PRODUCT, PRICE, PLACE, PROMOTION
1. Produk : menyajikan barang/jasa yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan pembeli
2. Harga : menetapkan harga jual barang/jasa sesuai dengan kesediaan pembeli untuk membayarnya.
3. Distribusi : mengusahakan agar barang/jasa dapat tersedia di setiap tempat yang terdekat dengan pembeli, kapan saja mereka membutuhkannya.
4. Promosi : memberitahu pembeli atas tersedianya barang/jasa bersangkutan di pasar, serta meyakinkan mereka bahwa barang/jasa tersebut dapat memberikan kepuasan yang mereka inginkan.

PELAKSANAAN PEMASARAN
Pelaksanaan pemasaran khususnya promosi seringkali diserahkan kepada biro-biro iklan, alasannya adalah efisiensi dan keahlian
Tugas pengusaha dalam hal ini yaitu : mengkoordinasikan kegiatan periklanan dengan kegiatan promosi yang lain.
Tanggung jawab utma kegiatan operasi penjualan adalah menjamin terjualnya produk sesuai dengan rencana, biasanya tanggung jawab itu olehkepala bagian (manajer) penjualan.
Untuk itu maka tugas manajer penjualan :
1. Menerima (menyeleksi) wiraniaga
2. Mengatur balas jasa mereka secara adil dan layak
3. Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan jual wiraniaga

4. Memberikan bimbingan dan perangsang kerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar