Jumat, 07 Maret 2014

PERAN PAJAK BAGI NEGARA


Pajak merupakan sumber penerimaan negara yang sangat penting dalam menopang pembiayaan pembangunan yang bersumber dari dalam negeri. Besar kecilnya pajak akan menentukan kapasitas anggaran negara dalam membiayai pengeluaran negara baik untuk pembiayaan pembangunan maupun untuk pembiayaan anggaran rutin. Oleh karena itu guna mendapatkan penerimaan negara yang besar dari sektor pajak, maka dibutuhkan serangkaian upaya yang dapat meningkatkan baik subyek maupun obyek pajak yang ada.
Sebagaimana halnya perekonomian dalam suatu rumah tangga atau keluarga, perekonomian negara juga mengenal sumber-sumber penerimaan dan pos-pos pengeluaran. Ada beberapa sumber-sumber penerimaan pemerintah ataupun cara-cara yang dapat ditempuh pemerintah untuk mendapatkan uang, yaitu sebagai berikut :
  1. Pajak, merupakan kontribusi wajib yang harus dibayar oleh para WP kepada Negara/Pemerintah yang dapat dipaksakan.
  2. Redistribusi, yaitu suatu pembayaran dari rakyat ke pemerintah di mana terdapat hubungan antara balas jasa yang langsung diterima dengan adanya pembayaran retribusi tersebut.
  3. Penerimaan bukan pajak, merupakan penerimaan pemerintah pusat dari sumber-sumber;diluar pajak.
  4. Keuntungan dari Perusahaan-Perusahaan Negara, merupakan peneriamaan-penerimaan pemerintah dari hasil penjualan (harga) barang-barang yang dihasilkan oleh perusahaan-perusahaan negara.
  5. Denda-denda dan Perampasan yang dijalankan oleh pemerintah.
  6. Sumbangan Masyarakat untuk Jasa-jasa yang diberikan oleh Pemerintah.
  7. Pinjaman. Pinjaman yang  dilakukan oleh pemerintah baik dari dari dalam negeri maupun luar negeri.
  8. Pencetakan uang.
  9. Hasil dari undian negara.
  10. Bantuan Luar Negeri
  11. Hadiah. Hadiah ini diberikan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah.


 Pajak merupakan sumber utama penerimaan negara. Tanpa pajak, sebagian besar kegiatan negara sulit untuk dapat dilaksanakan. Penggunaan uang pajak meliputi mulai dari belanja pegawai sampai dengan pembiayaan berbagai proyek pembangunan. Pembangunan sarana umum seperti jalan-jalan, jembatan, sekolah, rumah sakit/puskesmas, kantor polisi dibiayai dengan menggunakan uang yang berasal dari pajak. Uang pajak juga digunakan untuk pembiayaan dalam rangka memberikan rasa aman bagi seluruh lapisan masyarakat. Setiap warga negara mulai saat dilahirkan sampai dengan meninggal dunia, menikmati fasilitas atau pelayanan dari pemerintah yang semuanya dibiayai dengan uang yang berasal dari pajak. Dengan demikian jelas bahwa peranan penerimaan pajak bagi suatu negara menjadi sangat dominan dalam menunjang jalannya roda pemerintahan dan pembiayaan pembangunan.
Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa, pajak merupakan salah satu sumber utama penerimaan negar dan telah banyak memberikan manfaat. Beberapa pengeluaran pemerintah menggunakan dana pajak, di antaranya ialah belanja pegawai dan pembiayaan pembangunan sarana umum seperti jalan, jembatan, rumah sakit, hingga kantor polisi.

Dari seluruh pendapatan negara, pajak merupakan sumber pendapatan negara yang paling besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar