Contoh Kredo Perusahaan
Opini
yang dipegang secara luas didunia bisnis adalah bahwa bisnis merefleksikan
kepribadian dari pemimpinanya. Sebagai contoh, pengaruh James Cash Panney pada
JCpaney Colonel John Patterson di National Cash Register (NCR), atau Thomas J.
Waston, Sr.di IBM menentukan kepribadian dari perusahaan-perusahaan tersebut.
Keterkaitan antara CEO dengan perusahaan merupakan dasar untuk budaya etika.
Jika perusahaan dituntut untuk berlaku etis, maka manajemen tingkat tinggi
harus bersikap etis dalam segala sesuatu yang dilakukan dan dikatakanya.
Manajemen tingkat atas harus memimpin melalui contoh. Prilaku ini disebut
dangan budaya etika (ethics culture).
Tugas
dari manajemen tingkat atas adalah untuk meyakinkan bahwa konsep etikanya
merasuk keseluruh organisasi, dan turun kejajaran bawah sehingga menyentuh
setiap karyawan. Kredo Perusahaan (Corporate Credo) : Pernyataan singkat
mengenal nilai-nilai yang ingin di junjung perusahaan. Tujuan kredo tersebut
adalah untuk memberi tahu individu dan organisasi, baik di dalam dan di luar perusahaan
akan nilai-nilai etis yang dianut perusahaan tersebut.
Program Etika (Ethics Program)
Upaya
yang terdiri atas berbagai aktivitas yang didesain untuk memberikan petunjuk
kepada para karyawan untuk menjalankan kredo perusahaan. Aktivitas yang biasa
dilakukan adalah sesi orientasi yang di adakan untuk karyawan baru.
·
KOMITMEN TERHADAP PELANGGAN
Komitmen yang pertama adalah menyediakan para pelanggan kami barang dan
jasa berkualitas yang inovatif dan secara teknologi meresponskebutuhan mereka
saat ini, pada harga yang sesuai . 2. KOMITMEN TERHADAP KARYAWAN Komitmen yang
kedua adalah menciptakan lingkunga untuk karyawan kami yang mendorong
pertumbuhan profesional , mendoron masing - masing individu untuk meraih potensinya
yang terjadi , serta mendorong tanggung jawab dan kreativitas individu .
·
KOMITMEN KARYAWAN TERHADAP
SECURITY PACIFIC
Komitmen yang ke tiga adalah komitmen karyawan terhadar security pasific.
Sebagai karyawan, kami berusaha memahami dan mematuhi kebijakan dan tujuan
perusahaan, berlaku profesional, dan memberikan upaya terbaik kami untuk meningkatkan
security pacific.
·
KOMITMEN DARI KARYAWAN KE
KARYAWAN
Komitmen yang ke empat adalah komitmen dari kayawan untuk karyawan lain
kami harus berkomitmen untuk meningkatkan iklim salang menghormati, integritas,
dan hubungan profesional, yang dicirikan oleh komunikasi yang terbuka dan jujur
di dalam dan disemua tingkat organisasi.
·
KOMITMEN TERHADAP MASYARAKAT
Komitmen yang kelima dari security pacific adalah terhadap masyarakat yang
kami layani. Kami harus terus berusaha untuk meningktkan kualitas hidup melalui
dukunan kani terhadap berbagai organisasi dan proyek masyarakat, dengan cara
mendukung para karyawan yang melakukan pelayanan terhadap masyarakat, dan meningkatkan
partisipasi dalam pelayanan masyarakat.
·
KOMITMEN TERHADAP PEMEGANG
SAHAM
Komitmen yang ke enam dari south pacific adalah terhadap para pemegang
saham. Kami akan berusaha untuk memberikan pertumbuhan yang konsisten dan
tingkat kieuntungan terhadap infestasi yang superior, untuk menjaga posisi dan
reputasi perusahaan sebagai swalah satu institusi finansial ternama , untuk
melindungi investasi para pemetgang saham, dan memberikan informasi yang
komplit dan tepat waktu.
Contoh lain dari program etika adalah audit etika. Dalam audit etika
(etichs audit), seorang auditor internal akan bertemu dengan seorang manjaer
dalam sesi selama beberapa jam yang bertujuan untuk mempelajari bagaimana unit
manajer tersebut melakisanakan kredo perusahaan. KODE PERUSAHAAN YANG
DISESUAIKAN Banyak perusahaan merancang sendiri kode etik perusahaan mereka.
Terkadang kode-kode etik ini merupakan adaptasi dari kode untuk industri atau
profesi tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar