Pada akhirnya, pemasaran adalah seni menarik dan
mempertahankan pelanggan yang menguntugkan. Tetapi semua perusahaan kehilangan
uang untuk pelanggannya. Aturan pareto yang terkenal 20-80 mengatakan bahwa 20%
pelanggan teratas sering menghasilkan 80% atau lebih laba perusahaan.
Pelanggan terbesar perusahaan tidak selalu menghasilkan laba tertinggi.
Pelanggan terbesar bisa menuntuk layanan yang baik dan mendapatkan diskon
terbesar. Pelanggan terkecil membayar harga penuh dan mendapatkan layanan
minimal, tetapi biaya bertransaksi dengan mereka dapat mengurangi
profitabilitas mereka. Pelanggan menengah menerima layanan bagus dan membayar
harga hampir penuh sering kali paling menguntungkan.
§
Profitabilitas pelanggan
Apa yang membuat seorang pelanggan disebut pelanggan yang
menguntungkan? Pelanggan yang menguntungkan adalah orang, rumah tangga, atau
perusahaan yang sepanjang waktu menghasilkan aliran pendapatan yang melebihi
jumlah aliran biaya perusahaan yang dapat ditoleransi untuk menarik, menjual,
dan melayani pelanggan tersebut. Ingat bahwa penekanannya adalah pada aliran
pendapatan dan biaya seumur hidup, bukan pada laba transaksi tertentu. Pemasar
dapat menilai profitabilitas pelanggan secara induvidual.
Analisis profitabilitas pelanggan Perusahaan memperkirakan
semua pendapatan yang didapatkan dari pelanggan, dikurangi semua biaya. Biaya tidak hanya mencakup biaya
pembuatan dan pendistribusian produk dan jasa, namun mencakup penerimaan
panggilan telepon dari pelanggan, bepergian mengunjungi pelanggan, pembayaran
hiburan dan hadiah. Semua sumber daya perusahaan untuk melayani pelanggan itu.
Portofolio pelanggan Pemasar mengkui adanya kebutuhan untuk
mengelolah fortofolio yang terdiri dari berbagai kelompok pelanggan yang
didefinisikan berdasarkan loyalitas, profibilitas, dan faktor lain.
§ Mengukur
nilai seumur hidup pelanggan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar